9 Tips Mengatasi Baterai Smartphone Android yang Boros (100% WORK)

9 Tips Mengatasi Baterai Smartphone Android yang Boros

9 Tips Mengatasi Baterai Smartphone Android yang Boros - Baterai Smartphone yang boros atau cepat habis, merupakan masalah yang sering terjadi oleh para pengguna Android. Baterai yang cepat habis, pasti akan menjadi hal yang sangat menyebalkan.

Apalagi untuk orang yang suka traveling atau bepergian, pasti mereka akan terganggu aktivitasnya karena akan sulit berkomunikasi jika smartphone boros dan akhirnya tidak bisa digunakan.

Kapasitas baterai HP sendiri pasti berbeda-beda, ada yang besar dan ada yang kecil, tergantung merk dan tipe HP yang kita gunakan.

Untuk pembahasan kali ini saya akan membahas tentang cara atau tips mengatasi baterai smartphone android yang boros. 

Walaupun Smartphone memiliki kapasitas ukuran baterai yang berbeda-beda, ada yang kecil dan ada yang besar. Tapi tidak semuanya bisa tergolong awet, keawetan baterai juga terpengaruhi oleh Spesifikasi dari smartphone itu sendiri. 

Jadi terkadang walaupun smartphone memiliki kapasitas yang sama contohnya 4000mAH. Tapi dengan spek processor yang berbeda pasti keawetan baterai akan berbeda juga. 

Selain dari spesifikasi adan faktor lain yang menyebabkan baterai menjadi boros dan cepat habis. 

Penyebab Baterai Android Boros dan Cepat Habis:



1. Aplikasi yang boros daya


Aplikasi yang terus berjalan di latar belakang pasti akan menyebabkan penggunaan yang sangat banyak, dan hal tersebut pasti akan menyebabkan baterai Smartphone menjadi cepat habis. Contoh aplikasi yang paling banyak memakan daya baterai adalah Facebook.

2. Kecerahan Layar yang Terlalu Tinggi


Kecerahan yang terlalu tinggi juga berpengaruh pada tingkat keawetan baterai. Karena layar akan lebih menggunakan banyak daya. Selaim itu pasti tidak akan nyaman di mata ketika kalian menatapnya.


3. HP Panas


HP yang panas akan sangat berpengaruh pada baterai, usahakan kalian tetap mengatur suhu pada smartphone agar baterai pun menjadi tetap awet dan tidak cepat habis.


4. Baterai Smartphone Rusak


Baterai yang rusak adalah masalah utama dari baterai yang boros dan cepat habis. Baterai yang rusak juga disebabkan oleh banyak hal contohnya karena Overheat, menggunakan smartphone terlalu lama, dan menggunakan Charger yang kualitas nya jelek. Baca tips berikut ini untuk memilih charger smartphone yang berkualitas.

Ya demikianlah penyebab dari baterai yang boros dan cepat habis, Kali ini saya akan memberikan tips untuk mengatasi hal tersebut. Berikut adalah pembahasannya:


9 Tips Mengatasi Baterai Smartphone Android yang Boros


1. Kurangi Kecerahan layar


Sebaiknya anda mengatur kecerahan layar pada level yang rendah tapi masih tetap nyaman di mata. 
kalian juga bisa mengatur opsi screen time out agar diperpendek menjadi 30-60 detik saja agar layar tidak selalu menyala dalam jangka lama.

2. Jaga Suhu Smartphone agar tetap dingin


Seperti yang sudah dibahas sebelumya, HP yang panas juga menjadi faktor penyebab baterai menjadi sangat tidak awet. Maka dari itu pastikan kalian tetap bisa menjaga Suhu smartphone agar tidak terlalu panas.

3. Mengurangi Penggunaan Multitasking


Terkadang banyak sekali pengguna Android yang membuka beberapa aplikasi sekaligus dalam jumlah banyak. Namun ada juga yang lupa untuk menutup aplikasi yang sudah dibuka tersebut. Alhasil RAM akan menjadi penuh dan performa android menjadi lemot dan baterai menjadi boros.

Solusinya adalah dengan selalu menutup aplikasi yang sudah kalian pakai. Setting juga dipengaturan aplikasi mana saja yang bisa dijalankan dilatar belakang.


4. Mengkalibrasi Baterai Android


Kalian juga bisa mencoba untuk mengkalibrasi HP kalian, Mengkalibrasi baterai berfungsi untuk memperbaiki status baterai yang ngaco. Misalnya terkadang disaat baterai masih ada 15% tetapi HP sudah mati.


Cara kalibrasi baterai, kalian bisa download aplikasinya di playstore dengan nama " Battery Calibration ". Setelah di download langsung saja klik Mulai Kalibrasi.


5. Mengaktifkan Fitur Mode Hemat Daya


Dengan mengaktifkan fitur hemat daya, jelas akan sangat membantu proses penghematan baterai Smartphone. Contohnya pada smartphone Samsung saya. Saya bisa mengaktifkan dan memilih mode hemat yang sedang dan Maksimal.



Efek nya akan sangat lumayan di saat baterai sudah mulai kritis hehe


6. Mematikan fungsi Android yang tidak digunakan


Cara selanjutnya adalah dengan mematikan beberapa fungsi di HP kita yang tidak perlukan, contohnya seperti Bluetooth,WIFI,GPS, Data Seluler, Sinkronisai, Dan lain lain.

Aktifkan fitur yang akan kalian gunakan saja, jangan semuanya diaktifkan, selain membuat baterai cepat habis kinerja Android kalian akan menjadi lemot. 



7. Mematikan Pembaruan Otomatis


Pembaruan/unduhan otomatis ini biasanya sudah aktif secara otomatis di Smartphone kita ketika ada update terbaru pada aplikasi atau sistem Android. Pembaruan ini tentu akan membuat baterai di Smartphone kita akan menjadi lebih cepat habis, selain berjalan dilatar belakang, pembaruan ini juga pasti akan menyedot kuota kalian sehingga kuota akan boros juga.

Kalian bisa mematikan fitur ini di settingan Google PlayStore atau di pengaturan di HP kalian.



8. Root Android Kalian


Dengan melakukan Root-ing di Smartphone Android, maka kalian dapat mengotak-atik HP kalian dan bisa juga merubah pengaturan system pada Android.

Untuk menghemat baterai Android yang sudah di Root adalah dengan melakukan instal Tweak. Banyak Tweak penghemat baterai di Google, contohnya dengan Greenify, dan masih banyak lagi tweak lainnya.

Untuk meroot android nougat bisa baca disini : ( Cara rooting Android Nougat ). Sebelum melakukan rooting kalian juga harus mengerti resiko yang akan di hadapi nantinya.



9. Ganti Baterai


Solusi terakhir yang bisa dilakukan jika cara-cara diatas masih belum work juga adalah dengan mengganti baterai HP kalian. Baterai yang boros mungkin disebabkan karena baterai yang sudah rusak. Saya sarankan untuk membeli baterai baru, kalian bisa beli di toko online semacam Bukalapak atau Tokopedia dan bisa di juga membeli di Toko Offline.

Pastikan Baterai yang kalian beli memiliki kualitas yang Original, jangan membeli baterai Double Power karena itu akan merusak Smartphone Android Kalian, kapasitas nya juga tidak Real.


Oke demikianlah pembahasan kali ini mengenai 9 Tips Mengatasi Baterai Smartphone Android yang Boros. Kalian bisa coba satu persatu dan semoga berhasil. Terimakasih telah membaca artikel ini, Silahkan share dan komentar jika ada yang kurang paham.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "9 Tips Mengatasi Baterai Smartphone Android yang Boros (100% WORK)"

  1. Artikel yang bermanfaat terimakasih sudah berbagi infonya langsung di coba Work

    ReplyDelete
  2. iya gan, hp ane sering banget cepet abis alias boros. ane coba deh tipsnya , thanks ya bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Tips yang sangat bermanfaat dan mudah untuk dicoba bagi pengguna smartphone Android.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel